RSS

Naskah Drama Remaja



Judul                   : Berteman Itu Lebih Indah

Pemain       : 1. Geng gaul : Nesya ( Fika Yustisi A.)
                                             Sesil (Siti Wafikhasari)
                                             Stephanie (Jihan Rifka N.)
                                              Davi (Rizky Fernando A.)

                    2. Geng cupu : Paijo (Bambang Hidayat)
                                             Dona (Eka Surya L.)
                                             Naura (Anisa Rani U.)

                    3. Ibu Fairish (Kartika Jaya)

Amanat      : Bertemanlah dengan baik, karena pertemanan itu lebih indah                      daripada permusuhan.




Berteman Itu Lebih Indah

Libur panjang Semester I telah usai. Hari ini adalah hari pertama Semerter II, sehingga pertanda bahwa dimulainya kembali kegiatan belajar mengajar sepeti biasa di SMA Labschool, salah satu SMA terbaik dan terfavorite Ibukota, Jakarta. Murid-murid SMA Labschool mulai memadati area sekolahan.
Tepat disudut kanan koridor SMA Labchool, terdapat sebuah ruangan kelas yang selalu menjadi pusat perhatian semua murid SMA Labschool. Ruangan kelas tersebut bernama Venus yang merupakan kelas unggulan yang tersedia di SMA Labschool. Di kelas tersebut terdapat geng perempuan yang sangat terkenal seantreo sekolah, anggota geng perempuan tersebut terdiri dari Nesya, Stefanie, dan Sesil. Mereka bertiga sedang asyik menceritakan cerita liburan sekolah mereka kemarin.

Nesya              : “Wih gua mau cerita . . . Lo lo semua tau gak gua baru pulang liburan dari                          Paris!Nih( sambil menunjukan jam tangan mahal dari Paris ). Gua beli jam                 tangan ini di salah satu toko aksesoris terkenal di Paris, lokasinya dekat                                      menara Eifell. Akhirnya kesampean juga gua kesana, gila keren banget”.
Sesil                 : “Gilaaa . . . Bagus banget sya. Eh emang lo aja yang baru pulang liburan dari           luar negri gua juga iya. Gua baru pulang dari Italia, gua juga jalan-jalan ke            daerah pusat shoping-shoping terkenal gitu di Italia. Nih oleh-oleh buat                   kalian (sambil menyodorkan barang). Ini mahal loh!
Stepahnie        : “Terus gua harus manjat menara Eifel sambil bilang pucuk..pucuk hahaha (               seketika mereka semua tertawageli). Lo semua mah lebay,gua yang liburan               ke empat negara berbeda selama periode liburan semester aja yah iasa aja,       gak pake pamer-pamer segala”.
            Teet..teet..teet bel sekolah berbunyi, pertanda jam pelajaran pertama di hari pertama masuk sekolah akan segera dimulai. Seluruh siswa SMA Labschool berlarian menuju ke kelasnya masing-masing.
5 menit kemudian, Ibu Fairish berjalan memasuki kelas Venus bersama seorang murid baru.
Ibu Fairish       : “Selamat pagi anak-anak..”
Murid-murid   : “Selamat pagi bu..” ( dengan nada yang malas )
Ibu Fairish       : “Bagaimana liburan kalian?Menyenangkan?”
Murid-murid   : ( Hening, tidak ada yang menjawab )
           
            Tiba-tiba pintu kelas Venus ada yang mengetuk dari luar. Yang tenyata adalah Davi, kapten tim berkata di SMA Labshool yang sangat populer.
Davi                : “ Pagi bu. . . Maaf saya terlambat.”
Ibu Fairish       : “ Mengapa kamu terlambat?”
Davi                : “Tadi dijalan macet total bu, mungkin karena hari pertama sekolah Bu”
Ibu Fairish       : “ Yasudah, silahkan duduk ditempatmu”
Davi                : “Terimakasih Bu” ( kemudia berjalan menuju tempat duduknya)
Ibu Fairish       : “Baiklah anak-anak, hari ini kelas kita kedatangan murid baru pindahan dari             Surabaya. Silahkan perkenalkan diri. ( menyuruh anak baru tersebut                     memperkenalkan diri di depan kelas)
Paijo                : “Halo teman-teman semua, piye kabare? Nama aku Pai, nama lengkap aku                            Paijo Parudin. Aku pindahan dari SMAN 1 Surabaya. Aku harap kita bisa                           berteman baik”.
Stepanie          : “Anak kampung! Lo itu lebih pantes dipanggil Udin dari pada Pai, sok                                banget sih”.
(sontak murid-murid tertawa terbahak-bahak)
Ibu Fairish       : “Sudah-sudah hentikan. Tolong jaga sikap kalian. Yasudah Pai kamu boleh                         duduk di sebelah sana.” ( menunjuk kearah tempat duduk salah satu murid)
Paijo                : “Terimakasih Bu.” ( Paijo berjalan menuju bangku di samping Naura)
( setelah Paijo duduk di samping Naura)
Naura              : “Hai, nama gua Naura.”
Paijo                : “Nama aku Paijo.”
Ibu Fairish       : “Baik anak-anak, yak langsung saja buka buku LKS Kimia kalian hal 29.”
                           ( tiba-tiba ponsel Ibu Fairish berbunyi)
Ibu Fairish     : “Maaf anak-anak saya angkat telfon sebentar. Halo? Ehm iya pak, saya                                sedang mengajar di kelas Venus pak, sekarang? Iya iya bisa kalau begitu                               saya akan segera kesana Pak. ( handphone dimatikan).
Ibu Fairish     : “Berhubung ibu ada urusan mendadak, jadi kalian ibu beri tugas. Kerjakan uji                       kompetensi 1, 2, 3 dan ulangan harian hal 29-34, soal ditulis lalu jawaban                  dan dikerjakan di kertas folia, tugas ini dikumpul besok.“
Murid-murid   : “Gila bu. . . Kira-kira dong ngasih tugas, ini banyak banget.”
Ibu Fairish       : “Yang gurunya itu gua apa lo? Jangan membantah! Kerjakan dan harus                    selesai semua, besok maju satu-satu mengerjakan di papan tulis. Baik ibu       pamit pergi. Selamat pagi”
( Ibu Fairish meninggalkan ruangan kelas )
Sesil                 : “Gila emang itu ibu, masa ngasih tugas sebanyak ini dan besok harus                        dikumpul,bisa stres gua karena dia.”
            Bel isitarah berbunyi. Nesya, Sesil dan Stephanie pergi ke GOR sekolah untuk melihat Davi  yang setiap isitarahat sekolah akan bermain basket. Untuk melihat Davi yang dengan lincahnya mendrible bola dan memasukkan kedalam ring.
Stephanie        : “ Uuuh. . .gila, Davi keren banget main basketnya”
Sesil                 : “Ya iyalah diakan kepten tim basket. Aduh haus nih gua..”
Nesya              : “ Tuuuh, ada Paijo.”
Stephanie        : “Ya terus? Masalah buat gue?”
Nesya              : “ Bukan gitu, kita suruh aja dia untuk beliin kita minum di kantin”
Stephanie        : “ Tumben otak lo encer”
Sesil                 : “ Bener juga. . . Paaaiiiijoooooooo!!”
                         ( Paijo kemudian mendekat kearah Nesya, Sesil dan Stephanie )
Paijo                : “ Kamu panggil aku?”
Nesya              : “Ya iyalah kita manggil lo, yang namanya paling udik disekolah ini kan                               cuman lo.”
Paijo                : “Kalian ada perlu apa? Manggil aku? ( sambil membenarkan kaca mata                                kesayangannya )
Sesil                 : “ Lo pasti bersedia kan beliin kita-kita minum?”
Stephanie        :“Ya harus bersedia dong, secara yang nyuruh siapa gitu.. (sambil                                          membenarkan kerah bajunya, menyombongkan diri )
Paijo                : “ Ehh, iya deh sini aku beliin.”
            Paijo kemudian meninggalkan ketiganya untuk membeli minum di kantin. Setelah beberapa menit Paijo menghampiri Nesya, Stephanie dan Sesil yang sedang asyik mengobrol di GOR sambil melihat Davi yang masih asyik bermain bola basket.
Paijo                : “ Ini minuman kalian.” ( sambil memberikan 3 botol minuman )
Stephanie        : “ Lo bego banget sih. Mau aja kita suruh-suruh. Hahahaha”
Sesil                 : “ Ya udah sana jauh-jauh gih dari kita.”
Nesya              : “ Gak level.”
            Paijo kemudin kembali menuju ke kelas. Tak lama kepergian Paijo dari Nesya cs, Dona pun menghampiri Nesya cs.
Dona               : “ Eh lo lo semua. . . Gak usah sok berkuasa deh di sekolah ini. Emangnya lo                          pikir lo siapa? Seenaknya nyuruh-nyuruh orang.”
Stephanie        : “ Ooooow. . .Dono bersuara”
Nesya              : “ Kasino sama Indronya gak ikut Don? Hahaha”
Sesil                 : “Lagi musuhan mereka, makanya si Dono ini sendirian. Hahaha” ( mereka                            bertiga sontak tertawa )
Dona               : “ Eh nama gua Dona bukan Dono”
Nesya              : “Oh whatever lah. . . Asal lo tau ya, Paijo aja gak keberatan, kenapa lo yang                         sewot sih?”
Sesil                 : “ Suka kali ya dia, hahaha”
Stephanie        : “ Ah,iya kali ya. Eh Don, lo cocok banget sama Paijo. Hahaha”
Dona               : “ Mau kalian itu apa? Gak lucu banget”
Stephanie        : “Emangnya kita bertiga lagi ngelawak? Emangnya kita bertiga artis OVJ?
            Dona mulai geram, dan seketika Dona menjambak rambut Stephanie. Sontak Nesya dan Sesil kaget dan kemudian membantu Stephanie melawan Dona. Hingga terjadilah perkelahian antara mereka berempat.
            Perkelahian mereka berempat tersebut mengundang perhatian Davi dari bermain basketnya. Kemudian Davi menghampirin ke empatnya untuk melerai perkelahian.”
Davi                : “ Woi..woi..woi.. Apa-apaan sih berantem segala. Kayak anak kecil tau gak.”                       ( Davi melerai perkelahian tersebut)
            Davi seakan adalah kepala sekolah. Sekali berkata maka mereka berempat seketika berhenti berkelahi dan kemudian pergi meninggalkan GOR.
            Di dalam kelas...
Paijo                : “ Hai Naura, ini buat kamu.” ( sambil memberi sebungkus roi kepada Naura )
Naura              :” Ini buat aku? Makaih ya, kamu baik banget”
Paijo                : “ Iya sama-sama. Aku beliin roti ini buat kamu, karena aku perhatiin kamu                             gak keluar kelas sejak bel istirahat tadi.”
Naura              : “ Jadi kamu perhatiin aku dari tadi? Iya nih lagi ngerjain sesuatu”
Paijo                : “Ngerjain apa?”
            Tanpa mereka ketahui, Davi telah berdiri cukup lama di dekat pintu kelas. Melihat kedekatan antara Paijo dan Naura. Kemudian Davi masuk kedalam kelas dengan perasaan cemburu terhadap Paijo.
Davi                : “Lo ngapain deket-deket Naura?”
Paijo                : “Ehm.. aku..aku”
Naura              : “Dia kan teman sebangku aku, jadi wajar kalo dia deket sama aku.                                       Memangnya enggak boleh?”
Davi                : “ Enggak,karena gua cemburu, karena gua suka sama lo.”
Naura              : “Kamu gila” ( Naura kemudian keluar kelas meninggalkan Davi dan Paijo)
Davi                : “ Sampe lo deket-deket lagi dengan Naura, abis lo sama gua”
            Kemudian Davi keluar kelas dengan perasaan penuh emosi serta rasa cemburu, meninggalkan Paijo seorang diri.

            Suatu hari di kelas Venus pada saat istirahat..
Nesya              : “ Paijo, nih lo kerjain tugas biologi gua, Sesil sama Stephanie. Gua mau ke                              kantin dulu. Gua balik dari kantin nih tugas belum lo selesai kerjain. Awas                               aja”
Stephanie        : “ Lo bisa-bisa gua kerjain abis-abisan”
Sesil                 : “ Tas sekolah lo yang butut ini bakal gua gantung di tiang bendera” (sambil                            menggangkat tas milik Paijo)
Paijo                : “ Iya, saya kerjakan secepat mungkin”
Stephanie        : “ Harus bener semua, gak boleh ada yang salah. Awas aja sampe salah”
Paijo                : “ Iya, iya”
Sesil                 : “ Yuk kantin”
            Mereka bertiga keluar kelas dan menuju ke kantin. Paijo kemudian mulai mengerjakan tugas-tugas milik mereka bertiga. Kemuadia Dona serta Naura mendekati meja Paijo.
Dona               : “ Lo ini begonya gak ketulungan, masa lo mau ngerjain tugas milik orang                    lain?”
Paijo                : “ Enggak kenapa-kenapa kok, aku senang membantu mereka”
Dona               : “Ini namanya penindasan tau gak. Mereka bertiga itu cuman sok berkuasa                             atau jangan-jangan lo takut sama anceman mereka bertiga buat ngerjain lo,                         iya?
Paijo                : “ Enggak, aku gak takut. Aku hanya senang membantu orang”
Dona               : “Lo bener-bener sarap. Terserah lo aja deh” ( Dona kemudian keluar kelas                             karena dongkol akibat ulah Nesya cs itu )
Paijo                : “ Kenapa Naura? Melihatku kok begitu?”
Naura              : “ Yang dikatakan Dona tadi benar Pai, kenapa kamu mau mengerjakan tugas                         orang lain?
Paijo                : “ Kamu tadi sudah dengar penjelasan aku kan? Karena aku suka membantu                           orang lain”
Naura              : “ Tapi? Ya sudah terserah kamu saja, itu hak kamu”
            Pada saat pulang sekolah, Paijo pergi ke GOR dan bermain basket seorang diri. Tanpa diketahui, Naura mengikuti Paijo pergi ke GOR. Naura sangat terkejut melihat permainan bola basket Paijo, ia sangat ahli dalam memasukan bola basket kedalam ring.
Naura              : ( tepuk tangan) “Paijo, aku gak nyangka kalau ternyata kamu jago banget                            maen basketnya”
Paijo                : “ Eh ada Naura? Dari sejak kapan kamu ada disini? Hehe, biasa aja kok. Aku                        gak jago-jago amat”
Naura              : “ Gak, ini luar biasa buat aku”
            Satu bulan telah berlalu, dalam jangka waktu satu bulan tersebut Nesya cs tidak henti-hentinya mengerjai Paijo, menyuruh Paijo mengerjakan pr mereka, membelikan makanan di kantin, memperoloknya karena nama Paijo dan tampang Paijo, serta pernah sekali mereka benar-benar menggantung tas paijo di tian bendera dan masih banyak lagi.

            Bulan ini adalah bulan akan diadakannya kejuaran bola basket Se-Provinsi Jakarta memperebutkan Piala Gubernur. Tim basket SMA Labschool mulai disibukkan dengan latihan menjelang kejuaran tersebut. Akan tetapi suatu hari, Davi tampak kebingungan, pasalnya salah satu anggota tim basket mendadak kecelakaan dan terluka parah sehingga tidak dapat mengikuti latihan serta kejuaraan bola basket tersebut, akibat kejadian tersebut tim basket SMA Labschool mengalami kekukarangan pemain.

Davi                : “ Gua bisa gila kalau kayak gini caranya. Waktu kejuaran basket semakin                   dekat dan tim gua kekurangan pemain karena Andi kecelakaan dan terluka                             parah kemarin”
Stephanie        : “Ya lo tenang dulu geh, kita pikirin dan cari solusinya yaitu cari pemain                                baru”
Davi                : “Siapa yang bisa dipercaya buat ikut pertandingan? Waktunya mepet                                   banget.”
            Ditengah perbincangan mereka, Dona dan Naura masuk ke kelas.
Dona               : “Tim lo kekurangan anggota?”
Sesil                 : “Lo bisa liat kan Davi lagi pusing karena kekurangan anggota, masih nanya                          lagi”
Dona               : “Sory gua gak ngomong sama orang yang gak penting”
Nesya              : “Belagu amet lo jadi cewek?” ( Nesya mulai geram )
Davi                : “ Jangan bikin gua tambah pusing deh dengan kalian bertengkar”
Dona               : “Lo mau tau siapa orang yang pantes buat gantiin Andi pas kejuaraan?”
Davi                : “ Siapa?”
Naura              : “Waktu itu aku pernah ngeliat Paijo lagi maen basket di GOR, dan menurut                         aku, Paijo dapat diandalkan dala kasus ini karena dia jago maen basket.                              Kata dia sewaktu di Surabaya dia juga sering mengikuti kejuaraan bola                                    basket.”
Davi                : “Benarkah?”
Naura              : “jadi aku pikir Paijo bisa ikut dalam tim mu menggantikan Andi”
Nesya, Sesil dan Stephanie: “APAAAA?!!”
Davi                : “Hmm, oke kalau begitu. Tetapi pertama kali aku harus mengetes dia terlebih                      dahulu, apakah dia pantas masuk ke tim ku atau tidak”

            Sepulang sekolah, di GOR SMA Labschool.

Davi                : “Oke Paijo, gua minta lo tunjukin kemampuan lo”
            Paijo mulai memperlihatkan kemampuannya. Mendrible bola dengan lincah dan memasukkan bola ke dalam ring dengan tepat.
Stephanie        : “ Dia jago Dav ternyata”
Davi                : “ Gua akuin dia memang jago danudah gua putusin gua bakalan masukin dia                         kedalam tim basket gua buat kejuaraan tersebut”
            Setelah melewati 1 bulan persiapan untuk kejuaraan tersebut, kejuaraan yang ditunggupun datang. SMA Labschool telah mengalahkan lawan-lawan yang berasal dari sekolah lain dan berhasil menuju babak final.
Davi                : “ Oke, sekarang kita sudah di babak final. Gua minta kerjasama dan                                       kekompakan kalian semua dan gua yakin kita dapat memenanangkan                                       pertandingan ini. Semangat!” ( kemudian tim basket SMA Labschool                               memasuki lapangan )
Naura              : “Semangat Paijo”
Dona               : “Semangat Bro!”
Paijo                : “ Eh, iya makasih”
            Pertandingan pun dimulai. Paijo berhasil memasukan bola ke ring berkali-kali begitu pula Davi. SMA Labschool mengungguli point dari awal sampai akhir pertandingan, alhasil SMA Labschool berhasil menjadi juara.
Davi                : “Thanks Pai, lo udah berkorban banyak buat tim basket sekolah kita”
Paijo                : “Ah enggak, ini juga berkat usaha serta kerja keras kamu dan anggota tim                             basket yang lainnya. Terimakasih sudah memberi aku kesempatan untuk                     ikut kejuaraan”
Davi                : “Sama-sama”  ( mereka berduapun berjabat tangan)
            Ibu Fairish beserta Nesya cs, Dona dan Naura kemudian mendekati mereka berdua.
Dona               : “Selamat atas kemenangannya ya”
Naura              : “Terimakasih sudah memberikan piala bagi sekolah”
Davi, Paijo      : “Makasih yah”
Nesya, Sesil,Stephanie: “Congrats yah, lo bedua keren”
Ibu Fairish       : “Nah gitu dong. Kan enak melihat anak-anak dari kelas Venus kompak                                seperti ini. Nesya, Sesil dan Stephanie cepat minta maaf pada yang lain, Ibu                          dengan kalian sering mengerjai Paijo dan pernah bertengkar dengan Dona”
Stephanie        : “Paijo, gua minta maaf yah, maaf kalau kelakukuan kita bertiga agak                                    keterlaluan. Dan lo Don, gua juga minta maaf yah”
Nesya              : “iya gua juga minta maaf, sama kalian berdua”
Sesil                 : “Gua juga yah”
Paijo                : “Iya udah aku maafin kok”
Dona               : “Iya gua juga udah maafin kalian kok”
Ibu Fairish       : “Kan senang melihat kalian semua berteman.”
            Akhirnya Nesya,Stephanie dan Sesil berteman dengan Paijo serta Dona, tidak adalagi permusuhan, tidak ada lagi kekuasaan, tidak ada lagi bullying terhadap sesama teman.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS